Menu

Novel Breaking Dawn: Cinta-cintaan Bucin Bella Swan dan Edward Cullen

Belakangan ini saya lagi menggandrungi buku lawas tentang kisah cinta beda ras: novel Breaking Dawn. Padahal waktu nonton filmya di masa kuliah, saya gak gitu interest. Kisahnya juga gak gitu membekas di dalam pikiran dan cuma jadi angin lalu kayak mantan-mantan yang udah lewat (wkwk, canda). 

Tapi setelah nemu novelnya di aplikasi Gramedia Digital kok saya malah jadi ketagihan. Mungkin membaca kisah fiksi tentang vampire bucin buat mak-emak bisa jadi angin segar yang membuat flatnya realitas jadi kerasa lebih indah. So, inilah sedikit resensi novel Breaking Dawn.


Kisah Singkat Novel Breaking Dawn

novel breaking dawn

Judul: Breaking Dawn

Penulis: Stephenie Meyer

Penerbit: Gramedia

Jumlah Halaman: 864

Tahun Terbit: Oktober 2020 Cetakan Kedelapan


Sama seperti filmnya, novel ini bercerita tentang Edward Cullen yang sedang galau pakai banget. Bella sedang hamil anak vampire yang kemungkinan besar akan membuat dirinya celaka, bahkan bisa mati. 


Karenanya, ia berusaha untuk membujuk Bella agar mau aborsi. Bahkan, Edward juga mengajak Jacob, si manusia serigala untuk ikut membujuk Bella. Tapi, tentu saja Bella menolak.


Kehamilan Bella membesar dengan cepat. Ia terus menerus muntah dan badannya kurus seperti orang sekarat yang sudah mau mati. Menjelang melahirkan, Bella mengalami patah tulang belakang. Pokoknya, di titik ini Bella sengsara banget lah.


Setelah melahirkan, Bella dan Edward tentu masih memiliki problematika karena halaman bukunya masih banyaaak syekalii. 


Kali ini masalah datang dari Volturi. Buat yang belum tahu, keluarga Volturi adalah keluarga vampire tertua di dunia yang punya tugas untuk menegakan hukum ‘vampire’ agar keberadaan mereka tetap tersembunyi dan samar-samar. 


Karena ada bisikan dari seseorang, keluarga Volturi jadi mengetahui keberadaan Renesmee, anak dari Edward dan Bella. Menurut aturan Vampire, mereka dilarang untuk membuat anak vampire yang immortal. 


Yah, bayangkan saja dengan kekuatan vampire yang begitu besar dan mood anak-anak yang gak terkendali, bocil vampire bisa menghancurkan satu desa dengan mudah. Dengan begini, keberadaan vampire tidak akan lagi bisa disembunyikan. Berabe, bos! Karenanya, menciptakan vampire versi anak-anak hukumnya terlarang, gak boleh pakai banget.


Alur Novel Breaking Dawn: Carlisle Mulai Bergerak

novel breaking dawn
Karena ketidaktahuannya, keluarga Volturi menduga bahwa Renesmee adalah makhluk vampire anak-anak yang immortal, padahal kan enggak ya. Bella masih jadi manusia ketika renesmee tercipta, sehingga Bella dan Edward adalah orangtua sah Renesmee, si manusia setengah vampire. 


Demi melindungi anggota keluarga Cullen yang baru dan langsung diincar oleh Volturi, Carlisle dan Esme mulai mencari bantuan. Mereka berkeliling dunia untuk mencari vampire kerabat yang sekiranya mau bersaksi untuk keluarga Cullen. 


Ending Breaking Dawn dan Ending Kisah Bella Edward

novel breaking dawn

Well, seperti kebanyakan kisah cinta bucin, cerita vampire ini juga berakhir bahagia. Kisah cinta begini ternyata enak juga dinikmati buat bu ibu yang udah jenuh sama rutinitas. Enak aja gitu ngelihat ada kisah palsu tentang vampire yang cinta mati sama manusia yang bisa ia makan. 

Dualisme kebingungan seperti ini memang seru sih untuk dinanti. 


Bongkar Plot Bella-Edward dan Novel Sebelumnya

novel breaking dawn
Konflik utama dalam cerita ini adalah vampire yang entah mengapa menemukan cinta sejatinya pada manusia yang justru punya bau sangat menggiurkan. Lalu, cerita ini berkembang seiring waktu berjalan. 

Pada bukunya yang pertama, masalah datang dari vampire lain yang ingin memakan Bella. Pada akhirnya, si vampire ini berhasil dikalahkan., Di buku pertama ini jga dijelaskan betapa Edward sangat kebingungan untuk memutuskan apakah mau mencintai Bella atau meninggalkannya. 


Di buku kedua, masalah datang dari Edward. Dia merasa Bella seharusnya menjalani kehidupan layaknya manusia normal, yang dikelilingi manusia normal, dan gak perlu mempertaruhkan nyawanya di sekitar vampire. Karena alasan ini, Edward meninggalkan Bella. Bella patah hati dan uring-uringan. Edward pun menggila dan uring-uringan. Cocok.


Buku ketiga menceritakan bahwa Edward dan Bella kembali bersama. Mereka mendapat masalah dari Victoria, mantan pacar James, vampire di buku pertama yang ingin membunuh Bella lalu berakhir mati dibunuh Edward. Dia jelas berencana untuk balas dendam. 


Yah, begitulah kira-kira komplikasi cinta beda ras antara manusia dengan vampire. Ck, perjuangan cinta itu berat mak, mending cuci piring aja. Selamat menikmati novel Breaking Dawn.


No comments:

Post a Comment

Labels