Menu

Drakor Kingdom : Satu Konflik dengan Malapetaka yang Beranak-pinak

Sebagai drama Bertemakan zombie dengan adegan kejar-kejaran yang tak berhenti, Kingdom punya daya tarik yang luar biasa. Ia tidak hanya menyediakan ketakutan karena zombienya, namun juga dengan tokoh villain yang seramnya lebih mengerikan dari zombie itu sendiri. 


Detail drama

Judul: Kingdom 

Rilis: Januari 2019

Jumlah Episode: 2 Season, 12 Episode

Kreator: Kim Eun-hee,Kim Seong-hun,Park Inje


Kingdom dari Segi Plot Cerita

drama kingdom
Kalau dilihat dari segi cerita (baca cerita singkat Kingdom), titik poin masalah sebenarnya adalah perebutan tahta kerajaan. Untuk menanggulangi masalah ini, pihak ratu dan klannya yang berkuasa membuat sang raja tetap hidup agar penerusnya jatuh ke tangan anak sang ratu yang sedang dikandung, bukan ke putra mahkota Lee Chang. 

Problemnya berkmebang ketika sang putra mahkota mencium adanya kecurigaan tentang adanya kemungkinan sang ayah sudah mati sehingga ia tidak boleh menjenguknya. 


Putra mahkota tentu juga memiliki peran untuk membuat problemnya jadi makin besar dengan ikut-ikutan gerakan revolusi bersama para pelajar Sungkyunkwan. 


Yap. jadi ada beberapa poin perbelokan yang membuat konflik utama perebutan tahta kerjaan jadi makin membesar dalam drama Kingdom:

  1. Keputusan ratu dan Cho hak Joo untuk membuat raja bangkit kembali menjadi zombie

  2. Keputusan Lee Chang (putra mahkota) untuk bergabung ke gerakan revolusi

  3. Korban anak buah sang tabib yang dimakan zombie dimasak menjadi sop sehingga membuat pasien di klinik berubah jadi zombie semua.


Peran Penting Yeong Shin di Kingdom 

drama kingdom
Buat yang udah nonton Kingdom pastilah sudah hapal sama dosa terbesar tokoh Yeong Shin. Karakter inilah yang membuat sop dari mayat manusia yang mati karena digigit zombie untuk diberikan kepada seluruh pasien. 

Dia berdalih bahwa daging itu adalah rus ayang buru di hutan. Karena ketidaktahuannya ini, seluruh orang yang makan daging tersebut jadi zombie. Dari sinilah wabah zombie di Joseon dimulai. 


Aslinya sih saya emang gedeg banget ya sama tokoh yang satu ini. Secara gak langsung emang dia jadi tokoh paling berdosa yang membuat wabah zombie jadi ada. 


Tapi, kalau ditelusuri lagi, ada begitu banyak alasan pembenaran yang biasa tokoh ini pakai untuk pembelaan diri, misalnya saja kondisi rakyat Joseon yang kelaparan, pemerintah yang abai terhadap kemiskinan yang merajalela, dan alasan kemanusiaan untuk bisa menolong sesama. Ck, niat yang baik memang tidak akan selalu menghasilkan sesuatu yang baik pula. 


Walau jadi biang kerok, tokoh ini ternyata berhasil bertahan sampai akhir cerita. 


Peran Ratu dan Cho Hak Joo

drama kingdom

Well, sebagai tokoh villain, Ratu dan Cho Hak Joo di drakor Kingdom memang perlu diacungi jempol dan diteladani oleh tokoh jahat yang lain. 

Cho Hak Joo sebagai pemimpin klan yang berkuasa selalu bisa mengefisienkan setiap tindakan yang ia lakukan untuk meraih tujuan. Misalnya, ia menjebak Lee Chang untuk terkurung bersama ayahnya yang sudah jadi zombie di ruangan tersendiri. 


Ada dua kemungkinan yang terjadi: 

  1. Lee Chang mati dimakan zombie = Cho Hak Joo untung

  2. Paduka raja mati dibunuh Lee Chang = Cho Hak Joo untung karena sudah berhasil memframing Lee Chang sebagai pengkhianat 


Jenius kan?


Sang Ratu yang mentalnya juga udah gak bener, berhasil menyembunyikan kehamilan palsunya sampai momen terakhir. Bahkan, ia sampai punya plan b yakni melepaskan simpanan zombie ketika akhirnya takhta kerajaan tidak juga jatuh ke tangannya. 


Quotes sang ratu yang amat terkenal:


Kalau aku tidak bisa memilikinya, maka tidak boleh ada siapapun juga yang bisa. (lempar zombie)


Peran Lee Chang sang Putra Mahkota

drama kingdom

Lee Chang sih emang dijadikan peran yang positif, dengan segala adegan keren dan keberuntungannya hingga berhasil bertahan sampai episode terakhir.

Kesalahannya hanya satu yakni menandatangani semacam akta persetujuan untuk menggulingkan kekuasaan sang raja karena terbukti tidak berhasil menanggulangi kemiskinan di Joseon.    


Sisanya, Lee Chang mengalami perjuangan yang panjang untuk bisa menyelamatkan rakyat Joseon dari wabah Zombie. Sebagai penonton kita diperlihatkan pertumbuhan karakter Lee Chang menjadi semakin matang di tiap episodenya. Aiiih, oppa!


Baca juga: Kingdom Season 2, Drama Zombie dengan Plot Super Padat



No comments:

Post a Comment

Labels