Menu

3 Hal Penting dalam Membuat Laporan Aktualisasi CPNS

Ada beberapa hal yang sangat penting dalam melakukan pembuatan laporan aktualisasi CPNS. Meskipun dari segi format laporan aktualisasi ini sama saja dengan laporan lainnya, ada beberapa hal yang penting untuk ditambahkan. So, check it out.


Poin Penting untuk Membuat Laporan Aktualisasi CPNS


laporan aktualisasi



Laporan aktualisasi CPNS sebenarnya tidak terlalu ribet, asal dikerjakan, hehe. Meskipun memang gak terlalu rumit, ada beberapa detail yang memang perlu ditambahkan agar nantinya saat presentasi tidak menimbulkan masalah. Yap, ini dia beberapa poin penting yang perlu ditambahkan untuk melakukan pembuatan laporan aktualisasi CPNS.


  1. Menyiapkan Bukti Aktualisasi dengan Cermat


laporan aktualisasi


Bukti aktualisasi menjadi salah satu yang sangat penting untuk ditampilkan di dalam laporan. Buktinya bisa berupa foto atau dokumen. Bahkan beberapa teman saya juga melampirkan bukti berupa nota pembelian barang. Super lengkap lah.


Selain itu, perlu juga untuk mencantumkan tanggal pengambilan foto agar segala sesuatunya menjadi lebih lengkap. Misalnya, menuliskan jenis kegiatan yang dilakukan serta tanggal di bawah foto yang ada di laporan. 


  1. Membuat Analisis Dampak 


laporan aktualisasi


Selama proses pembekalan materi, peserta pelatihan dasar CPNS pasti akan mendapatkan wejangan seputar nilai dasar PNS, seperti Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika PUblik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi. 


Nah, khusus untuk S1, pembuatan laporan mesti melampirkan analisis dampak berdasarkan nilai dasar PNS. Contohnya adalah seperti ini :


Kegiatan: Melakukan Riset Terkait Metode Pembuatan Spesimen


Nilai dasar: Akuntabilitas


Dampak Positif: Dengan menerapkan nilai akuntabilitas, penulis dapat menyelesaikan tahapan ini dengan mengumpulkan informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.


Dampak Negatif: Jika nilai akuntabilitas tidak diterapkan, riset terkait metode pembuatan spesimen bisa mengandung informasi yang salah. 


  1. Merencanakan Kegiatan Aktualisasi Berdasarkan Isu yang Sudah Dipilih


laporan aktualisasi


Setelah memiliki isu yang akan dijadikan topik aktualisasi, langkah selanjutnya yang mesti segera dikerjakan adalah menyusun kegiatannya. Pada saat saya mengikuti latsar, pembimbingnya meminta kita untuk menyusun kegiatan minimal 4. 

Setelah memiliki runtutan kegiatan yang sudah disetujui pembimbing dan coach, buatlah tahapan dari masing-masing kegiatan. Setidaknya, buatlah tahapan kegiatan minimal 3. Contohnya adalah sebagai berikut:


Kegiatan:

Melakukan kunjungan ke lapangan dengan berkoordinasi ke POPT lapangan

untuk mengumpulkan OPT dan musuh alami komoditas padi

Tahapan:

a. Melakukan koordinasi dengan atasan untuk jadwal kunjungan ke lapangan.

b. Melakukan koordinasi terkait jadwal kunjungan ke lapangan dengan POPT lapangan setempat.

c.     Melakukan pengumpulan spesimen OPT dan musuh alami di lapangan.


Sebagai tambahan, ada beberapa informasi ‘informal’ yang beredar selama jalannya proses aktualisasi di kantor. 


- Perlunya foto dengan aplikasi open camera. Menurut gosip yang beredar, ada beberapa pembimbing dan coach yang meminta bukti foto dengan cara begitu. Meskipun saya sendiri tidak melampirkan bukti foto dengan open camera. 


- Coach dari BPSDM kerap meminta peserta untuk menghiasi laporan sehingga latarnya cukup warna-warni.


Yap, itulah beberapa detail yang perlu diketahui untuk membuat laporan aktualisasi CPNS selama pelatihan dasar. Semoga sukses menjalaninya dengan baik gaes. 









No comments:

Post a Comment

Labels