Menu

Review Novel Second Sister : Bunuh Diri atau Pembunuhan?

 

Second sister Chan Ho Kei

Judul: Second sister

Penulis: Chan Ho Kei

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit: 2021

Jumlah halaman: 632


Seperti novelnya yang pertamanya, The Borrowed, kisah buku ini tentu sama menyebalkannya karena bisa membuat pembaca jadi ketagihan lantaran tidak bisa berhenti membaca sampai selesai. 


Jalan ceritanya memang tidak semengerikan novel yang pertama, yang kadang menceritakan tentang pembunuhan antar petugas kepolisian dengan oknum taipan kaya. Meski tidak ekstrim, kisah bunuh diri ini tentu tidak disajikan dengan linier dan simple. 


Kisah Singkat Second Sister


Kisah ini diawali oleh kisah tokoh utama Nga Yee yang mesti mengarungi kehidupan serba sulit karena yatim piatu. Ia ditinggalkan ayah dan ibunya ketika masih berusia muda belia. Selain itu, ia juga mesti mengurus adiknya yang masih kecil.


Karenanya, ketika ia mengetahui bahwa adiknya bunuh diri karena alasan yang tidak jelas, Nga Yee jelas berang dan tidak terima. Ia ingin mengetahui apa yang menyebabkan adiknya sampai melakukan tindakan tersebut.


Dengan motivasi yang kuat, akhirnya Nga Yee menggunakan tabungannya untuk menyewa detektif swasta. Detektif ini menemukan bahwa ternyata ada hubungan kuat antara kasus pelecehan seksual dan komentar buruk dari netizen di internet dengan keputusan adik Nga Yee yang bernama Siu Man untuk bunuh diri. 


Sebuah akun anonim di platform menulis bebas yang menyudutkan Siu Man karena kasus pelecehan itu ternyata tidak bisa dilacak dengan cara biasa. Karenanya, detektif ini merekomendasikan N, seorang detektif dengan kemampuan meretas yang sangat hebat.


Akan tetapi, tentu saja tokoh N akan membuat Nga Yee jungkir balik untuk bisa mendapatkan bantuan darinya. Mulai dari mengorbankan harta sampai harus menelan rasa kesal karena tingkah laku N yang sangat menjengkelkan. 


Plot Cerita yang Membuat Penasaran Setengah Mati


Pada awalnya, N bahkan tidak bisa melacak akun yang membuat komentar buruk tentang Siu Man terkait kasus pelecehan seksual itu. N menduga bahwa kasus ini bukan sekadar netizen yang kurang ajar saja, melainkan sebuah rencana yang tersistematis untuk memojokkan Siu Man sampai ingin bunuh diri.


Karenanya, cerita Second Sister ini menuliskan tentang lika liku penelusuran N tentang kehidupan Siu Man sebelum meninggal di sekolahnya. Ternyata ada begitu banyak teman-teman Siu Man yang cukup mencurigakan dan cukup kejam untuk bisa menjadi si tersangkanya.


Ending Cerita yang Uwooo Syekali


Khas cerita detektif, ending di buku ini juga diwarnai dengan plot twist yang cukup mengejutkan. Tokoh N ternyata adalah seorang yang cukup berkuasa dan Nga Yee tampaknya akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik setelah uangnya dikuras habis oleh N. 


Yah, setelah membaca novel ini, saya jadi menghayal betapa tokoh N yang keren ini mungkin bisa diperankan oleh artis yang mukanya mirip Shanks. Seorang lelaki paruh baya yang keren, punya sedikit kuasa dan anak buah, ganteng, humble tapi sekaligus sombong di depan orang yang mereka inginkan. Yuhuuuu syekaliii....


Baca juga: Buku Misteri The Borrowed yang Punya Twist Legit Menggigit

No comments:

Post a Comment

Labels