Menu

Pengalaman Menulis di AsianParent

Menulis SEO The Asiaparent


Selama enam bulan lamanya, saya berkesempatan untuk ikut berkontribusi menulis di website Asianparent. Seneng banget sih, asli! Selain seneng, tentunya ada banyak oleh-oleh yang saya dapatkan selama berjuang dan belajar di sana. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Pelajaran dari Menulis di Website theAsianparent


1. Sistem Kerja yang Rapi


Karena theAsianparent satu-satunya website besar di mana saya pernah bekerja, jadi saya sebenernya nggak bisa melakukan perbandingan secara baik dan berimbang, Wkwk. Tapi, yah dibandingkan agency menulis SEO yang pernah saya lakoni sebelum Asianparent, ya jelas berbeda jauh kualitasnya.


Di Asianparent sendiri ada tanda tangan kontrak, ada struktur jabatan yang jelas, ada meeting mingguan, dan yang kece adalah ada manajer SEO, sebuah jabatan di mana saya baru tahu selama ini ternyata ada.


Manajer SEO itu sendiri tugasnya tiap hari tentunya adalah riset SEO. Terus memeriksa artikel apa yang lagi hits di hari itu, kemudian membuat list tema artikel untuk penulis dan editor.

Kece kan?


2. Punya Budaya Kerja yang Solutif


Sebagai anak baru bau kencur jelas saya mengalami beberapa kendala seperti tidak memenuhi kuota artikel per bulan seperti anggota lainnya. 


Problematika semacam ini mereka atasi dengan menyarankan beberapa nasihat serta saran yang sangat solutif, sehingga saya sampai mengajak salah satu teman untuk join menulis dengan honor tertentu untuk membantu melengkapi kuota artikel di Asianparent. 


Selain itu, segala kendala atau permasalahan seputar website, kepenulisan, plagiasi, semua diselesaikan dengan cara online terbuka dan jelas. Yap, kadang- kadang emang suasana grup jadi tegang sih. Tapi, yah yang namanya masalah mah selalu akan ada dimana-mana. So, menurut aku, cara mereka menghadapi sebuah masalah sangat baik dan menitikberatkan pada solusi.


3. SEO dan Keyword Everywhere


Salah satu hal penting dari sebuah artikel di website adalah jumlah view. Dengan view yang besar, maka jumlah iklan dan cuan makin besar. Nah, cara untuk menarik view adalah dengan meriset keyword sebuah artikel, salah satunya adalah dengan app keyword everywhere. 


Asli, aku baru tahu ternyata app ini kece banget ya. Dia bisa menuliskan volume keyword pencarian dan merekomendasikan keyword sejenis untuk sebuah artikel dengan tema tertentu. 

Jadi, dengan bantuan keyword everywhere kita bisa menentukan keyword yang tepat agar artikel memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi. 


4. Pengaturan Gambar dan Tim Desain yang Kocak Banget


Jadi, penulis muda biasanya akan menerima petunjuk tentang setting gambar di artikel dari tim desain website. Believe me, aku nggak pernah baca petunjuk kerja yang lucunya sampai bikin ngakak. Jadi, semua informasi mereka susun dalam bahasa yang santai mudah dimengerti, dan lucu. 


Untuk gambar di artikel itu sendiri seperti biasa Umumnya ya diunduh lewat website CCO yang gratis dan tanpa copyright. Selain itu, Asianparent juga berlangganan beberapa layanan website gambar yang akan membantu penulis untuk bisa menyusun artikel dengan gambar yang sesuai.


5. Cara Menulis Artikel


Sebelum mulai menulis, bos konten website akan langsung turun tangan men-training anak baru agar paham menulis di website dan memahami cara untuk setting website blog nya. 

Saat pertama kali lihat yoast SEO yang berlampu merah kuning hijau itu, mata saya ikut berwarna-warni. Asli, nggak mudeng blas. Tapi ya seiring waktu berjalan segalanya jadi terasa mudah. 


Yap, sekian itu dulu beberapa ilmu penting yang peru dicatat selama bekerja di website Asianparent. Meskipun hanya setengah tahun, tetapi buat saya momen itu terasa begitu berharga setelah berakhir (walaupun saat menjalaninya ngeluh-ngeluh juga sih, wkwk).



No comments:

Post a Comment

Labels