Menu

5 Website Penting untuk Membantu Menulis di Blog

tips menulis di blog


Meskipun sudah cukup kuno, menulis di blog masih memiliki penggemarnya sendiri. Mulai dari blog tentang review produk, masak, cerita drama korea, sampai tentang review buku menjadi tema-tema yang biasanya digarap oleh ibu-ibu blogger.


Sembari menulis di blog, kadang ada saja writer block yang membuat kegiatan proses menulis menjadi mentok. Selain itu, kadang ada beberapa hal yang membuat kegiatan editing menjadi alot karena pikiran yang kalut. Karenanya, beberapa website berikut ini bisa bermanfaat banget untuk membantu proses menulis di blog.


Website untuk Membantu Proses Menulis di Blog


Kegiatan blogging cukup menyenangkan untuk dijadikan hobi sehari-hari. Dengan mengetahui beberapa website berikut ini, kegiatan blogging bisa menjadi lebih mudah dan terarah. Simak daftarnya.


1. KBBI

kbbi blogging
sumber: kbbi.kemdikbud.go.id

KBBI adalah kamus besar Bahasa Indonesia yang bisa sangat bermanfaat untuk mengecek kata atau frasa yang benar sesuai dengan EYD. Misalnya saja, kata hutang sebenarnya salah secara KBBI dan yang benar adalah utang. 

Walaupun kadang secara KBBI kata yang sah ternyata tidak SEO friendly, tetaplah penting untuk mengetahui kata formal yang benar. Setelah mengetahuinya, penulis bisa menyesuaikan kata yang ditulis sesuai dengan kebutuhan SEO suatu artikel.


2. Sinonim Kata

sinonim kata blogging
sumber: sinonimkata.com


Website sinonim kata saya ketahui dari blognya mbak Carolina Ratri. Website ini memang sangat bermanfaat untuk membantu penulis melakukan proses editing. Misalnya saja kata "manfaat" yang bisa diganti dengan kata lain seperti faedah, fungsi, khasiat sesuai dengan kalimatnya.

3. Pixlr

pixlr edit blog
sumber: pixlr.com


Pixlr adalah website edit gambar sederhana yang cukup ringkas untuk digunakan. Dengan website ini kita bisa mengatur ukuran gambar, melakukan fungsi crop, dll sesuai dengan kebutuhan.


Kebanyakan gambar dari website penyedia gambar gratisan seperti Pixabay atau Freepik tersedia dalam ukuran yang cukup besar sehingga membebani sebuah laman blog. Karenanya, penting sekali untuk blogger mengedit gambar cover blognya agar webpage menjadi ringan dan mudah diakses.


Selain fungsinya yang sudah disebutkan di atas, di Pixlr juga ada beberapa fungsi edit gambar yang cukup advanced, seperti kolase foto, grid, dll. Yah, langsung saja dicoba ke websitenya.


4. Canva

canva untuk blogging
sumber: canva.com


Canva adalah website desain yang punya ribuan template gratis sehingga bisa banget dipakai untuk membuat cover blog dengan mudah. Yah, canva emang jadi salah satu andalan mak emak yang kagok kalau harus megang app desain rumit macam Corel Draw atau Adobe ilustrator.

Canva emang memudahkan banget untuk blogger mendesain sebuah gambar sesuai dengan kebutuhan.

5. Tinypng

tinypng blog
sumber: tinypng.com

Setelah semua gambar sudah disetting dan siapa dipakai kini saatnya untuk mengkompres ukuran gambar menjadi lebih kecil dari aslinya. Dengan ukuran file gambar yang kecil, homepage menjadi ringan dan mudah diakses.


Selain tinypng sebenarnya banyak juga sih model website yang bisa kompres ukuran file gambar. Akan tetapi, tinypng punya gambar panda yang lagi makan bambu. Soooo cute. Aku syukaaa.


Sekian tentang beberapa website yang bisa membantu teman-teman untuk menulis di blog. Sebenarnya ada begitu banyak web lain yang juga bisa menunjang kegiatan blogging, lima daftar di atas hanyalah salah satunya.


Selamat mencoba. Saya mau cuci piring dulu.


Baca juga:

Seputar SEO dari Aplikasi Belajar Online


No comments:

Post a Comment

Labels