Menu

Crash Landing on You, Ketika Hyun Bin Jadi Militer Korea Utara yang Ganteng Pol

Crash Landing on you

Judul : Crash Landing on You
Pemain : Hyun Bin, Son Ye Jin
Rilis: Desember 2019
Panjang Episode : 16
Rating : 17.7


Selamat datang di tahun 2020, di mana drama Korea ongoing sedang bertebaran dan menarik hati penikmat emak emak di seluruh Indonesia. 

Di awal tahun ini, ada satu drama yang menurut saya oke banget dan sayang buat dilewatkan, judulnya Crash Landing on You.

Drama ini diperankan Son Ye Jin dan Hyun Bin, di mana dua duanya memang bukan artis favorit saya. Apalagi, Hyun Bin gak terlalu cakep dalam perannya di Secret Garden. Jadi saya makin males, tapi duaarrr... kesensian saya terhadap Hyun Bin seketika menguap ketika melihat karakter Ri Jeong Hyeok dalam drama ini yang aaaaaak, bikin meleleh banget.

Pada dasarnya ini adalah drama bergenre action romatis, di mana pemeran utamanya adalah seorang polisi militer korea utara yang jatuh cinta pada wanita konglomerat dari korea selatan.

Sinopsis


Cerita mereka diawali oleh adegan rebutan di antara anak anak keluarga kaya sebagai  pewaris perusahaan keluarga. Yoon Seri yang diperankan Son Ye Jin menjadi kandidat terkuat.

Yoon Seri otomatis dibenci oleh kedua kakaknya. Namun, mereka tak bisa berbuat apa-apa ketika ayah mereka sudah memutuskan bahwa Seri akan menerima perusahan tersebut.

Setelah kejadian tersebut, Seri mengalami kecelakaan ketika sedang mencoba kostum olahraga paralayang. Serunya adalah ia tersasar sampai ke negara Korea Utara di zona perbatasan. Nah, konfliknya dimulai dari sini.

Ia ditemukan oleh polisi militer nan ganteng dan baik hati bernama Ri Jeong Hyeok, yang diperankan oleh Hyun Bin. Well, dari sini kalian pasti sudah menerka-nerka ceritanya bukan?

Seri ditampung sementara di rumah Ri Jeong Hyeok sambil memikirkan cara kabur untuk kembali ke Korea Selatan. Percobaan pertama mereka untuk kabur melalui jalur laut gagal total karena ada inspeksi mendadak.

Percobaan mereka yang kedua juga gagal karena di sini sudah ada campur tangan dari Jo Chul Kang, kepolisian divisi badan keamanan korup, yang sudah menerima perintah dari kakak seri untuk menahannya tetap di korea utara. 

Dua Konflik yang Saling Berkaitan


Kekurangan drama korea biasanya terletak di ritme yang lambat. Apalagi jika cerita hanya berfokus pada kisah cintanya saja, dipastikan jalan ceritanya pasti sangat membosankan. But, ini gak berlalu buat drama campuran action macam ini.

Selain konflik soal bagaimana cara kembali ke korea selatan dengan aman, penonton juga akan disajikan drama korup yang sangat mengakar dalam susunan kepolisian Korea Utara. Penggalian artefak yang sengaja disponsori oleh polisi intelnya, lalu kasus penyembuanyian buronan, sampai soal pembunuhan terencana sesama perwira polisi untuk mengamankan posisi mereka dalam pemerintahan.

Konflik inilah yang akan menyulitkan Yoon Seri untuk kembali ke Korea Selatan. Kita akan dibuat penasaran dengan berbagai kegagalan saat Yoon Seri berusaha kembali ke Korea Selatan. Apalagi ada tambahan konflik dari tokoh Go Seung Joon yang juga berusaha mengambil Seri dari sisi Ri Jeong Hyeok. 


Detail Soal Korea Utara


Drama ini menyajikan detail yang bisa dibilang cukup oke tentang Korea Utara, seperti bagaimana cara kabur ke korea selatan melalui jalur darat, laut dan udara. 

Detail tentang rakyat sipilnya juga keren. Cara berinteraksi di sana sangat ditentukan oleh kedudukan dalam pemerintahan. Kalau di negara kapitalis, kita biasa melihat orang kaya dijilat di mana-mana, tapi kalau di negara komunis, yang punya jabatan lah yang paling dipuja. Di Indonesia juga sebenernya sama sih. Jabatan juga jadi salah satu faktor untuk bisa jadi ‘berhala dan raja’

Pertanyaan terbesar selanjutnya adalah “Seberapa mirip sih fakta dalam drama ini dengan keadaan yang sebenarnya?”

Berdasarkan vio.id, tim produksi drama Crash Landing on You memiliki penasihat yang berasal langsung dari Korea Utara, yakni Kang Nara dan Han Song Yi. Berkat kedua orang inilah, detail soal Korea Utara yang disajikan sudah cukup asli untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya ada di sana. 

Salah satu yang membuat deg-deg sepanjang waktu adalah razia dadakan yang terus menerus dilakukan oleh pemerintah di sana. Ini juga merupakan fakta yang benar. Bagi yang ketahuan membawa orang asing, maka harus menghadapi investigasi dari badan keamanan. Apalagi jika anda ketahuan menonton serial drama Korea Selatan, ancaman bisa sampai ke hukuman mati atau penjara dan denda jika anda memiliki uang. 

Pemadaman listrik yang terus menerus juga benar. Bahkan, adegan kereta api yang terpaksa berhenti karena pemadaman listrik juga benar adanya. 

Gaya berpakaian sampai aksen yang digunakan Hyun Bin juga sudah sangat mirip dengan orang Korea Utara. 

Melihat drama ini jadi membuat saya berpikir, betapa lebarnya jurang perbedaan di antara dua negara yang sangat dekat.

Jika ini terjadi di Indonesia, mungkin kita akan kena hukuman mati jika ketahuan nonton Upin Ipin atau Boboiboy. Dan yang jelas, Claudia Cintya Bella tidak akan bisa menikah dengan mas Datuknya yang sekarang.

Behind The Scene yang Ngeselin


Saya sarankan sih setelah menonton drama yang menghanyutkan begini, mesti lihat behind the scene pembuatan filmnya untuk menetralkan pikiran halu kembali ke alam nyata. Mesti banget. 

Adegan kissing adalah salah satu potongan behind the scene yang paling banyak ada di youtube. Kedua tokoh biasanya suka mengulang adegan ini berulang kali karena mereka sendiri tak tahan untuk tidak tertawa. Buat mereka ini mungkin bagian konyol yang lebih susah untuk dilakukan ketimbang adegan action.

Banyak juga sih adegan action yang di-posting dalam behind the scene dalam drama ini. Salah satunya adalah Adegan ketika percobaan kabur kedua Se-ri ke Korea Selatan yang gagal lantaran ada mobil antek anteknya si Jo Chul Kang menghalangi perjalanannya.

Di sini ada adegan Hyun Bin melemparkan diri setelah jatuh dari sepeda motor. Seharusnya setelah itu ia memandang Yoon Seri yang berlari ke arahnya, tapi justru ia memandangi kawannya sesama militer. Setelah akting salah lirik ini, mereka semua tertawa, "Sepertinya aku di sini sedang menyelamatkan tuan Park, bukannya Yoon Seri".

Skandal Drama Crash Landing on You


Well, setelah drama ini rilis di akhir tahun lalu, ada masalah yang cukup besar mengikutinya. Salah satu partai di Korea Selatan menuntut pihak tim produksi drama telah melakukan propaganda yang salah soal Korea Utara. Katanya sih, Korea Utara yang digambarkan dalam drama terlalu humanis dan gak realistis. 

Ketimbang ending dramanya di episode 16, saya lebih tertarik mengikuti kasus ini. Kira-kira apa ya ending yang akan dibuat oleh pengadilan di Korea Selatan, memenangkan pihak televisi kah karena bagaimanapun itu adalah drama bukannya berita atau memenangkan pihak partai yang menuntut? 

Sejujurnya, saya menikmati sekali bagaimana Korea Utara disajikan dalam balutan drama yang humanis seperti ini.

Negara Korea Utara merupakan sebuah misteri yang sangat membuat banyak orang penasaran. Dan melalui drama ini, setidaknya kita mendapatkan sedikit gambaran soal kehidupan di sana melalui aktor ganteng Hyun Bin.

Jadi, apakah anda tertarik menikmati latar tempat yang komunis dalam balutan kapitalis? Jika ya, pastikan cucian piring sudah bersih terlebih dahulu. 

No comments:

Post a Comment

Labels