Menu

Rekomendasi Aplikasi Membaca di HP

Belakangan ini ebook emang lagi naek daun. Selain karena banyak giveaway bertaburan di beberapa aplikasi membaca, namun juga karena harga buku fisik makin menggigit.


Sebenarnya jika dibandingkan dengan kenaikan harga buku, menu di Pepper Lunch jelas lebih mahal, bedak Make Over juga jelas lebih mahal, apalagi lipstiknya L'oreal. Tapi yah, nasib menjadi buku adalah siap diprioritaskan ke list yang paling akhir. 


Akan tetapi, di jaman yang serba pake hape seperti sekarang ini, biaya untuk membaca sebenarnya bisa banget diminimalkan. Aplikasi membaca gratis sekarang buaaanyak, bertebaran bagai bintang di angkasa. Tinggal pemilik hape lah yang memilih mau aplikasi membaca yang seperti apa. 


Ada yang bentukan platform macam Wattpadd, Cabaca, Mangatoon dan Storial, di mana buku yang tersedia dibuat oleh penulis pemula yang sedang menjajal nasib. Meski banyak karya pemula, banyak kok karya bagus yang tersedia di aplikasi semacam ini. Bahkan, beberapa aplikasi menyediakan layanan seperti seleksi yang ketat serta editing dari timnya, sehingga karya yang dipajang sudah memiliki kualitas tertentu sesuai dengan standar.


Namun, kali ini yang saya ingin bahas adalah aplikasi membaca buku yang sudah diterbitkan. Yak, langsung aja kita bahas sebelum anak saya bangun dari bobo cantiknya.

1. Ipusnas


aplikasi ipunas


Untuk sementara ini, Ipusnas adalah aplikasi membaca buku yang paling lengkap, meski kurang update. Sungguh ini cukup disesalkan bagi kalangan emak-emak yang pengen ngirit. Mesti banget sabar menanti buku baru untuk bisa diunduh di aplikasi Ipusnas. 

Sebenarnya, saya sudah sangat bersyukur sih dengan adanya aplikasi ini. Begitu banyak list yang ada di daftar membaca bisa dipuaskan hanya dengan membaca di hengpong jadul, Gratis pula. Jadinya kan anggaran belanja bukunya bisa dialokasikan untuk belanja skin care, hihihi. 

Tapi, ya, semoga saja pemerintah bisa memperbesar anggaran untuk update buku baru, sehingga Ipusnas gak melulu menbanggakan koleksi buku terbitan tahun lawas di postingan Ig-nya. Kan bangga kalau bisa pamer koleksi ebook terbaru Ipusnas di medsos, ya tho?

2. Gramedia Digital


aplikasi gramedia digital

Untuk melengkapi hasrat membaca, aplikasi ini cukup mumpuni lah. Kelebihan aplikasi ini adalah update banget sama buku terbitan baru, tapi cuman khusus terbitan Gramedia loh ya. Anda juga bisa membaca banyak majalah, komik, harlequin, sampai majalah Bobo di aplikasi ini. Asyik, kan?

Yang gak asyik apanya hayoo? Bayarnya!

Gak juga sih, hehe. Bayarnya juga mahal-mahal amat kalau dibandingkan sama harga buku fisik yang sekarang harganya nyampe 100 ribu per bijinya. Apalagi satu akun di aplikasi ini bisa dipakai hingga lima orang. Jadi per orang cuman patungan 20 ribu. Seharga mangkok bakso di mal lah. 

Tapi, buat penggemar Andrea Hirata dan Dewi Lestari, tetep mesti berburu buku fisik. Soalnya, buku-buku terbitan Bentang jelas ga ada di aplikasi ini.

3. Ijak

aplikasi membaca ijakarta


Ijak sama Ipusnas sebenarnya sama saja. Hanya saja, ijak lebih aktif membagikan challenge berhadiah di akun medsosnya.


Buat para pembaca yang transaksional dan para pemburu giveaway, Ijak cukup penting sih buat didownload dan difollow akun Ig-nya. Hadiahnya macam-macam loh, mulai dari bingkisan, voucher belanja buku, sampai uang tunai.

Membaca ebook itu asyik loh, selain ringkas karena udah ada di HP, juga tidak ada resiko untuk hilang dan dirusak oleh anak. Sekian aplikasi membaca rekomendasi dari saya. Sampai jumpa lagi setelah cuci piring.

No comments:

Post a Comment

Labels