Menu

Bedah Racun Candu di dalam Drama Korea The Heirs

The Heirs Drama KOrea


Buat mamak drakor, pasti paham banget ada begitu banyak micin yang bertaburan di sepanjang drama Korea. Rasanya cara mereka menciptakan alur tokoh utama ke konflik paling panas di episode 10-an ke atas itu bisa sangat candu. Bisa bangetlah ngebuat kita jadi lupa cuci piring dan masak di rumah.

Padahal inti ceritanya paling ya ga jauh-jauh dari bucin dan cinta mati. Paling santer ada konflik keluarga atau tentang penyelidikan kejahatan kasus. Tapi, ya, alur flow cinta-cintaannya itu tetap menjadi racun yang efektif.

Akhir-akhir ini saya kembali nonton drama lawas The Heirs yang dulu semasa kuliah saya caci maki karena ga begitu bagus,  menurut saya waktu itu. Setelah nonton ulang, ternyata ga sejelek itu.

Saya baru menyadari bahwa penulis skripnya memang jenius untuk menciptakan flow konflik untuk membuat kedua tokoh utama menjadi dekat dan semakin kasmaran. Mari kita kupas satu per satu candu candu ini.

Kupas Tuntas Flow Cerita di Drama The Heirs


Pada episode pertama, tokoh cewek Cha Eun Sang, yang diperankan Park Shin Hye pergi ke Amerika untuk menemui kakak kandungnya, yang katanya mau menikah. Sesampainya di sana, ternyata kakak Cha Eun Sang ini jadi pelayan dan hidup bersama pria Amerika tukang mabuk yang bahkan punya selingkuhan. 

Dari mana Cha Eun Sang bisa menemukan dengan mudah rumah tinggal sang kakak bahkan bisa sampai ke restoran tempatnya bekerja padahal ga bisa bahasa Inggris? Anggap saja ini berkat takdir cinta.

Di sinilah titik temu tokoh cewek dengan tokoh cowok bernama Kim Tan, yang diperankan babang Lee Min Ho. Kim Tan itu sendiri merupakan anak dari istri kedua pemilik perusahaan besar, Jeguk Grup.

Ia ada di Amerika dengan alasan pengasingan, begitu sih pemikiran Kim Tan itu sendiri. Intinya, Kim Tan memiliki masalah yang cukup complicated dengan keluarganya.

Kedua orang ini bertemu karena salah seorang teman kim Tan mencuri bubuk kacang dari tas Cha Eun Sang karena salah mengira itu adalah narkoba. Berhubung tokoh ga penting itu alergi kacang, ia langsung semaput dan masuk rumah sakit. Nasib Cha Eun Sang itu sendiri juga kacau. Paspor dan bubuk kacangnya disita untuk jadi bahan penyelidikan di kepolisian.

Cha Eun Sang menggelandang di jalan karena kakaknya sudah kabur sambil membawa uang yang dibawanya. Dan, seperti yang sudah dapat diduga mak emak, bahwa salanjutnya Lee Min Ho memberikan tumpangan di rumahnya.

Setelah ini jokes di keduanya cukup hangat untuk diikuti. Cha Eun Sang menuduhnya pengedar narkoba karena bisa memiliki rumah sebesar itu di Amerika. 

“Kamu yakin aku cuma pengedar? Sepertinya ginjalmu masih lengkap dan sehat.” dengan mimik muka ganteng Lee Min Ho. Kelebihan film ketimbang buku adalah bisa melihat raut muka daun muda yang segar macam Lee Min Ho ini.

Konflik kecil ini terus mengalir sehingga membuat keduanya semakin dekat. Lelaki pemabuk yang jadi kekasih kakak Cha Eun Sang marah-marah dan mengejar Cha Eun Sang untuk meminta pertanggungjawaban. Lee Min Ho datang untuk menyelamatkannya dan kemudian para preman teman pria pemabuk datang untuk mengejar Cha Eun Sang dan Lee Min Ho. Jalan ceritanya bahkan sudah ribet sedari episode satu.

Saya baru menyadari begitu banyak masalah kecil yang sengaja dibuat untuk mendekatkan para tokohnya, istilah para wanita : TAKDIR CINTA.

But, episode akhir ga begitu berhasil seperti episode awalnya. Rasa episode akhir cukup membosankan dan membuat ngantuk. Mungkin ini karena pasangan muda mudi itu sudah tak lagi saling goda untuk cari perhatian. 

Tapi rasanya bukan itu alasannya. Jokesnya. Jokes di episode akhir mendadak menghilang dan diganti dengan adegan sedih. 

Adegan perpisahan di drakor juga tipikal banget. Si cewek yang dipaksa pergi pastinya akan memberikan sebuah perpisahan dengan bertingkah laku amat baik di depan cowok. Lalu tiba-tiba keesokan harinya, ia menghilang macam Avatar yang tenggelam di laut kutub selatan.

Adegan ini sebenarnya sangat membosankan. Adegan peluk peluk  membosankan. Kissing kissing nya juga boring banget. 

Malah yang lumayan bagus di bagian separuh akhir adalah korelasi hubungan Lee min Ho dengan tokoh kakak angkuhnya. Makin ke belakang, mereka semakin manis dan lucu. Emang kok, unsur jokes dalam sebuah fiksi adalah hal yang cukup signifikan.

Konflik konflik ringan sebagai pengantar tokoh utama ke konflik utamanya adalah:

1. Kakak Cha Eun sang sebagai pengantar mereka berdua bertemu di Amerika

2. Tokoh Yoon Chang, sebagai tokoh yang membuat Lee Minho cukup cemburu saat di Amerika

3. Tokoh mamak Lee Minho, sebagai tokoh yang cukup punya peran banyak. Ia berkembang seiring perjalanan drama, dari yang lemah menjadi bisa memutuskan jalan hidupnya sendiri.

4. Choi Yong do yang diperankan babang Kim Wo Bin, punya peran sebagai biang onar di sekolah. Tukang ganggu Cha Eun Sang, sekaligus menyimpan aib Lee Minho dengan status anak haram nya.

That's all. Sekian kupas tuntas racun drakor serial The Heirs. Saya akan kembali menulis seputar racun drakor dengan judul yang berbeda. Chau.

No comments:

Post a Comment

Labels