Menu

Review Revolutionary Love [Drakor]: Simbol Perlawanan Kaum Buruh


Revolutionary Love
www.soompi.com
Judul: Revolutionary Love
Jumlah Episode: 16
Perdana tayang: 14 Oktober-3 Desember 2017 di TVN

Saya yakin teman-teman semua pasti mengenal tokoh Siwon yang menjadi poros utama dalam drama ini. Seperti biasanya, mas yang terlahir ganteng absolut ini memang cucok banget menjadi karakter gila namun baik hati. Pertumbuhan karakter Siwon yang ditampilkan dalam 16 episode ini menjadi nilai tambah yang sangat manis dalam drama ini. 

Oiya, drama ini adalah drama pertama yang dimainkan Choi Siwon setelah kepulangannya dari wamil. 

Sinopsis

Baek Joon, yang diperankan Kang Sora, adalah seorang wanita pekerja lepas yang sangat menjunjung tinggi prinsip hidupnya untuk tidak percaya pada janji manis perusahaaan besar. Karena prinsipnya inilah, ia harus menjalani beberapa pekerjaan paruh waktu dalam sehari.

Walaupun begitu, Baek Joon sebenarnya adalah wanita yang sangat lurus dan memiliki harga diri tinggi. Hal inilah yang menarik perhatian Byun Hyuk yang diperankan Choi Si Won. Sebenarnya, Byun Hyuk dalam film ini memiliki karakter yang baik namun sangat sembrono, sama sekali tidak pernah berpikir panjang atas imbas dari tingkah lakunya. Di sinilah peran asistennya Kwon Je Hon, yang diperankan Gong Myung akan menyelamatkannya dari segala jerat hukum.

Tingkah lakunya yang serampangan itu akhirnya berbuah pahit. Ia tertuduh melakukan pelecehan seksual pada seorang pramugari. Ayahnya sangat marah dan Byun Hyuk akhirnya diusir dari rumah tanpa sehelai pakaian pun.

Dari titik inilah petualangannya dalam mencari kitab suci dimulai. 

Byun Hyuk yang hidup menumpang di rumah asistennya, Gong Myung, pelan-pelan mengerti tentang kerasnya bertahan hidup di kota sebesar Seoul. Ia berevolusi menjadi tokoh yang membawa perubahan besar pada keluarga dan perusaahan ayahnya.

Berikut beberapa poin penting dalam drama ini:


Poin 1: Kekuasaan hanyalah Soal Pakaian

Buat saya, ada adegan yun Hyuk harus terpakasa menjalani pekerjaan sebagai petugas kebersihan di perusahaan ayahnya sendiri. Ia kalut dan yakin bahwa ia pasti akan langsung ketahuan oleh karyawan ayahnya. Namun, ternyata tak satupun mengenali dirinya di balik seragam petugas kebersihan.

"Aku berada di tempat yang sama, namun di dimensi yang berbeda."  -Byun Hyuk

Saya berasa sedikit tersentil saat menonton adegan ini, seolah baru tahu bahwa teori 'kekuasaan sejatinya hanyalah soal pakaian' adalah benar adanya.

Poin 2: Driskriminasi Kaum Buruh

Film ini sangat menyoroti tindakan yang sangat umum terjadi: diskriminatif.

Diskriminasi semacam ini terjadi di manapun, termasuk dalam lingkungan tempat tinggal. Saya pernah menyadari bahwa senyum saya kadang sedikit dipaksakan ketika berhadapan dengan peminta-minta, dan mendadak senyum saya bisa sangat natural ketika sedang berhadapan dengan pak RT yg sedang menagih iuran sampah. Padahal kan kontennya kurang lebih sama, tapi respon yang diberikan bisa sangat berbeda.

Poin 3: Cinta dalam Diam

Mong Gyung cocok sekali dalam memerankan karakter Kwon Je Hoon yang serba kaku, termasuk dalam urusan cinta. Senyum nya yang manis itu seolah bisa memancarkan betapa letih dan pedih dirinya menanggung cinta yang ia simpan dalam-dalam pada Kang Sora.


Revolutionary Love
http://koreandramaandkpoplover.great-discovery.com

Menyadari bahwa teman sekaligus tasannya Byun Hyuk yang mulai menaruh perhatian pada gadia yang a cintai sejak kuliah, Kwon Je Hoon tetap bergeming dan memilih menutup lebih rapat soal perasaannya itu. Aih, mas,"Why you don't tell the truth? "

Haha, itulah anak muda. Suka sekali merumitkan keadaan. Kan lebih mudah kalau ia tunjukkan saja gelagat rasa suka itu. Kalau memang ditolak ya tinggal cari perempuan lain. Stok jomblowati solehah siap nikah di Indonesia masih banyak kok.

Sosok Kwon Je Hoon yang seolah menjadi pengembara yang sepi sendiri cocok banget dengan ost drama ini yang berjudul "Sing My Song" yang ini:



Lah, kok jadi banyak bahas Mong Gyung sih?
Haha, tokoh ini terlalu banyak menyimpan luka sih dalam drama kali ini. Luka yang membuat karakternya semakin terlihat indah.

Tapi, sekali lagi, cinta dalam diam semacam ini hanya terlihat indah di dalam drama, so don't try this at home.

Poin 4: Rating Akhir Drama Ini

Rating akhir drama  ini di TVN adalah 3,3%. Padahal mah menurut saya, komposisi cerita dalam drama ini lumayan komplit, jadi layaklah kalau dapat rating yang lebih tinggi lagi. Lucu iya, romantis iya, seru iya, ada unsur hikmah baiknya juga iya. Jadi  rating film ini menurut saya : 4/5, very recommended.



No comments:

Post a Comment

Labels