Menu

Review Buku Filthy Shade Of Drey: Makna Cinta dari Berbagai Sudut Pandang

Filthy Shade of Drey
www.wattpad.com/honeydee1710

Sebenarnya saya menulis review ini karena selama beberapa hari saya 'mabuk' oleh cerita karangan Hanny Dewanti yang berjudul Filthy Shade of Drey dan sekuelnya yang berjudul Savanna. Kisahnya bisa dibaca di sini.

Ceritanya simple sih. Tentang seorang CEO yang jatuh cinta pada gadis biasa, cinderella story lah. Namun, sebagai parodi dari Fifty Shade Of Grey, penyimpangan moral tokoh Drey sedikit digeser menjadi penyimpangan self injury (suka menyakiti diri sendiri).

Saya suka dan sedikit kecanduan dengan beberapa adegan dalam kisah ini. Terutama momen di mana Savanna (tokoh utama cewek) dan Drey (tokoh utama cowok) kembali bertemu setelah memutuskan untuk berpisah. 

Kata-kata pertama yang diucapkan Drey adalah "Thief". Alamak, menurut saya itu maniiis banget. Saya juga mau dikatai begitu oleh Drey. Kalau saya jadi Savanna daripada mewek setelah dikatai maling, mending langsung dikecup aja mas Drey yang gantengnya sejagad itu.


Cinta, dari Sudut Pandang Alam Semesta 

www.instagram.com/sciencejewelry1824
Sudah mengerti kan setelah mantengin gambar di atas? Cinta hanyalah tipu daya hormon kawan. Berbahagialah kalian para jomblo, kalian bukanlah korban penipuan.


Cinta, dari Sudut Pandang Savanna dan Drey

Em, saya lumayan bingung untuk mengulas kisah Savanna dan Drey. Saya memang lumayan menggilai beberapa adegan epik dalam kisah ini. Namun, cinta membara yang dilakoni kedua tokoh ini rasanya klise banget. Saya sempat bertanya sendiri dalam hati, adakah cinta yang bisa membara selamanya? 

Cinta pada Tuhan saja kadang meredup, apalagi cuman cinta sesama manusia. Setelah berpikir begini saya kembali berpikir, saya yang satir atau jangan-jangan saya saja yang apes, tidak menemukan seseorang yang mampu membuat saya merasa seperti Savanna saat bertemu dengan Drey? 

Tapi, di bagian akhir kisah Savanna dan Drey ini ada adegan yang membuat saya sempat menitikkan air mata. Padahal selama Savanna dianiaya oleh Mbak Hanny dengan skenarionya yang sadis bin jahat, saya tetap bergeming loh. Namun di bagian Drey menatap nanar anaknya yang dapat lahir dengan selamat sementara emaknya, Savanna, berakhir dengan koma, air mata saya jatuh perlahan 1 tetes. Mendadak saya paham rasanya menelan pil yang isinya  kepahitan dan kebahagiaan yang terintegrasi menjadi satu.

Drey, dengan catatan kelam di masa lalunya kini berubah lembut karena sebuah pernikahan. Ahh, sejatinya, memang pernikahan adalah training revolusi mental yang bertujuan mulia, memanusiakan kembali nurani kita yang sudah mengembara entah ke mana.


Cinta, dari sudut pandang Penulis

Saya bisa merasakan cinta Mak Hanny pada dedek dedek maniak wattpad dalam bukunya ini.

Mak Hanny Dewanty banyak menuliskan tentang edukasi kekerasan seksual dalam karyanya yang ini. Jadi, ehem, maaf-maaf ya, bagi yang masih berstatus dedek dedek emes belum akil balig memang sebaiknya ditunda dulu baca buku ini. Filty Shade Of Drey ini juga dibuat untuk menghindarkan fans Fifty Shade of Grey dari mencontoh gaya berhubungan intim ekstrim dalam film tersebut. 

Mak Hanny memberikan contoh kasus nyata kekerasan seksual dalam perilaku pacaran anak Indonesia. Hiks, saya sedih bacanya. Sebagai emak-emak yang punya anak perempuan, rasanya beban mendidik anak jaman sekarang semakin berat saja. 


Cinta, dari Sudut Pandang Victoria Whittaker

Nah, tokoh ini adalah emaknya Drey. Menariknya, tokoh ini adalah salah satu wanita yang juga ikut-ikutan menggilai Drey, selain saya tentunya. Victoria digambarkan sebagai emak-emak yang hanya sibuk mengurusi urusan karirnya saja. Drey, yang selama  ini diurusi pembantu di rumah tersebut kembali ke rumah utamanya saat menginjak remaja. Mungkin, emaknya lumayan kaget melihat anaknya yang dititipi ke orang sudah berevolusi menjadi mahluk Tuhan Paling Ganteng.

Menurut informasi dari Mak Hanny, kasus incest di Indonesia semakin meningkat. Fuh, salah satunya adalah kasus di Riau, di mana seorang Ibu yang hamil karena anaknya sendiri. Hiks, bingung mau komentar apa kalau begini. Semoga masyarakat semakin perhatian dengan lingkungannya, sehingga kasus semacam ini bisa ditekan presentasenya.  

Cinta, dari Sudut Pandang Pembaca, Anggota Ikatan Emak-Emak Motor Matik Indonesia (Saya)

Bagian ini memang rasanya tidak penting, jadi silakan diskip saja. 

Saya mau sedikit tsurhat, ada sedikit perbedaan cinta sesudah dan sebelum saya menikah yang perlu sekali dituliskan di sini. Saya versi muda mendefinisikan cinta dengan perhatian yang penuh, rasa sayang yang utuh, dan hal hal klise lainnya. Biasalah ya, muda identik dengan mudah diakali.

Namun, beranjak tua, dan kira-kira setelah merasakan bahtera rumah tangga selama 19.680 jam, definisi cinta saya sedikit berubah. Masih tentang seputar perhatian juga sih, tapi buat saya momen mas misua menunjukkan cintanya secara maksimal yakni ketika ia bertahan dalam kekaleman ketika melihat saya ikutan tantrum bareng dedek bayi ketika PMS, ketika ia mau bangun tengah malam untuk ikut gantian jaga dede bayi yang begadang, dan ketika ia bermurah hati sepulang kerja masih mau mengajak jalan sore menikmati matahari tenggelam di tepian Sungai Mahakam. 

Jadi, apa definisi cinta buat emak-emak di rumah?



1 comment:

Labels